728x90 AdSpace

Headline

Terbukti!.. Petai Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Kecerdasan Otak

Petai pada umumnya diambil ketika masih muda atau sudah tua, dan biasa dimasak dengan sambal, kuah santan, oseng-oseng, sampai dimakan mentah sebagai lalapan. Banyak orang sangat menyukai buah sayur ini, namun tidak sedikit pula yang anti makan petai. Bau kuat yang khas pada petai memang telah menimbulkan banyak kontroversial.



Petai (Parkia speciosa)  merupakan pohon tropik dari suku polong-polongan (Fabaceae), dan banyak tersebar di daerah Indonesia bagian barat. Pohon petai umumnya dapat mencapai ketinggian 20 meter, dan tidak banyak memiliki cabang. Petai adalah termasuk tanaman yang berbuah musiman, dan mulai banyak tersedia ketika memasuki bulan desember- januari.
Petai diketahui mengandungi tiga jenis gula, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, dan juga mengandung serat makanan. Karena mengandung gula, menjadikan petai adalah makanan yang baik untuk menambah tenaga. Dengan demikian, tak heran jika petai banyak dimanfaatkan sebagai makanan tambahan untuk para olahragawan. Bukan hanya itu yang menjadikan petai baik untuk kesehatan, karena Ia juga dapat membantu mengatasi atau menghambat beberapa penyakit dan kondisi kesehatan lain.

Berikut manfaat petai bagi kesehatan tubuh manusia

Sebelum melanjutkan membaca, tolong berikan Like website ini dulu ya?

Meningkatkan mood:

Anda mengalami penurunan mood, dan selalu merasa susah dan bersedih?. Menurut penelitian yang dilakukan kepada orang yang mengalami penurunan suasana hati, lebih banyak dari mereka yang kembali pulih setelah makan petai. Hal ini karena petai mengandungi tryptophan, yaitu sejenis protein yang mencetuskan hormon serotonin, yang telah dikenal dapat membuat orang menjadi rilekst, meningkatkan mood, dan sakhirnya membuat perasaan gembira.

Sindrom pramenstruasi(PMS):

Lupakan lah obat-obatan kimia untuk mengatasi sindrom pra menstruasi, dan beralihlah dengan makan petai. Vitamin B6 yang terkandung dalam petai mampu menetralkan glukosa dalam darah, yang juga akan meningkatkan mood.

Anemia:

Petai mengandung Zat besi yang tinggi, sehingga akan merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. dengan demikian, makanlah petai jika Anda mengalami gejala kurang darah atau anemia.

Tekanan darah:

Buah tropik yang satu ini juga sangat tinggi mengandung kalium, namun rendah garam. dengan demikian, petai sangat baik untuk dimakan oleh penderita tekanan darah tinggi. US Food and Drug Administration telah membenarkan, jika petai adalah buah yang dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Otak:

200 pelajar di sebuah sekolah di Twickenham telah membantu uji penelitian dengan makan petai saat  sarapan dan makan tengah hari dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan otak mereka. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa kalium yang banyak terdapat dalam petai yang membantu para pelajar menjadi lebih peka.

Sembelit:

Petai Tinggi serat, sehingga memasukkan petai kedalam diet akan membantu kesehatan pencernaan. Serat sangat dibutuhkan usus untuk membantu proses makanan, sehingga lebih cepat dikeluarkan dari tubuh. Dengan demikian, sembelit akan jauh dari kita jika suka makan petai.

Kecapekan:

Karena petai mengandung 3 jenis gula seperti yang telah disebutkan diatas, maka ia juga dapat membantu mengatasi rasa kelelahan ketika kita sedang beraktifitas fisik.

Menenangkan Saraf:

Petai  mengandung vitamin B yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menenangkan sistem saraf. Dengan demikian, perasaan rileks bisa segera Anda rasakan sehabis melakukan tugas rutin pekerjaan Anda.

Maag:

Petai juga dapat digunakan sebagai makanan untuk penderita gangguan lambung karena  bersifat lembut. Petai adalah satu-satunya buah yang boleh dimakan mentah oleh penderita maag kronis. Buah ini mampu menetralkan kelebihan asam, dan akan mengurangi iritasi dengan memberi lapisan dinding lambung.

Mengurangi efek buruk Merokok:

Petai juga akan membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Vitamin B6, B12, kalium dan magnesium yang terdapat dalam petai akan membantu memulihkan paru-paru akibat efek buruk zat nikotin.

Depresi:

Kalium merupakan elektrolit penting bagi kesehatan, karena membantu menormalkan detak jantung, menyuplai oksigen ke otak, serta menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Apabila kita sedang depresi, maka kadar metabolisme kita akan meningkat dan akan mengurangi kadar kalium dalam darah. Petai tinggi kalium, sehingga bagus untuk membantu sistem metabolisme dan mengatasi depresi. 

Stroke:

Menurut ulasan “The New England Journal of Medicine” , makan petai sebagai bagian dari  diet teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat strok hingga 40%.

Awet muda:

Petai tinggi mengandung protein yang berguna untuk meregenerasi kulit, sehingga akan membantu kita agar awet muda. Bahkan petai diimpor, dan menurut informasi akan dijadikan sebagai bahan kosmetik disana.

Mengatur suhu tubuh:

Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah "dingin" yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Obat mabuk:

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

Meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk , coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

Membantu meredakan rasa mual di pagi hari

Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

Obat Hati dan Ginjal

Seperti yang kita ketahui bersama radikal bebas sangat mudah di temui di Produk makanan, terutama pada makanan yang di Goreng atau di Panggang. Hidrogen peroksida, superoksida anion, dan hidroksil, merupakan contoh radikal bebas. Molekul sangat tidak stabil, sangat reaktif, dan kerusakan jaringan. Radikal bebas akan menjadi tidak berdaya ketika berhadapan dengan antioksidan.

Meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk , coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

Cacingan:

Mungkin karena kandungan belerang dan tanin didalam petai, sehingga buah ini merupakan makanan yang efektif untuk mengatasi masalah cacingan. Cacing perut seperti cacing kremi dll akan mati atau segera keluar dari perut kita.

Menambah nafsu makan:

Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan, maka petai mungkin dapat membantu Anda. Banyak orang telah membuktikan, jika selera makan mereka meningkat jika makan bersama petai dalam banyak cara.

Efek samping jika mengkonsumsi petai berlebihan:
Selain beberapa manfaat petai di atas, anda harus ingat bahwa jangan mengkonsumsi petai secara berlebihan (setiap hari secara berturut-turut) karena akan mengakibatkan:

1. Bagi ginjal
Petai juga dapat merugikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi petai secara berlebihan akan berbahaya bagi ginjal karena mengandung asam amino. Seperti kita ketahui asam amino merupakan komponen penting dalam penyusunan protein, tetapi apabila dalam jumlah banyak maka akan dibuang melalui ginjal dan akibatnya protein yang berat molekulnya besar akan merusak saringan pada ginjal dan akibatnya akan ditemukan protein dalam urine. Gejala ini dinamakan proteinuria.

2. Air Kencing dan Kentut
Memakan petai terlalu banyak juga berdampak pada air kencing yang beraroma tidak sedam. Hal ini disebabkan asam amino kaya akan unsur Nitrogen dan unsur Sulfur yang akan diubah menjadi gas Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) yang menyebabkan kentut bau. 

3. Menyebabkan bau mulut.


Tips menghilangkan bau petai:

Bagi penyuka petai, bau petai sering mengganggu orang-orang di sekitarnya. Nah, meskipun tidak benar-benar bisa menghilangkan bau petai, ada beberapa tips untuk mengurangi bau petai:
  • Rebus petai cukup lama sebelum diolah. Proses pemasakan dengan panas dapat dilakukan untuk mengurangi bau petai.
  • Menggosok gigi setelah makan petai lalu gunakan mouthwash.
  • Makan mentimun setelah memakan petai dipercaya dapat menghilangkan bau petai.
  • Mengunyah sedikit kopi bubuk setelah makan petai.
  • Mengunyah beras setelah makan petai.
  • Memilih Petai yang Baik.
Petai dapat diolah menjadi berbagai masakan petai. Yang paling mudah adalah dibuat sebagai lalaban dan dimakan mentah atau digoreng sebelumnya. Selain itu, petai dapat digunakan sebagai tambahan bumbu seperti nasi goreng petai atau sambal goreng ati dan petai.

Sebelum dimasak, pastikan petai telah dipilih dengan baik. Berikut tips untuk memilih buah petai yang baik sehingga masakan nantinya akan enak:
  • Pilih petai dengan kulit buah berwarna hijau dan terlihat segar. Lihat apakah petai memiliki mata menonjol dan tidak ada lubang. Kalau berlubang jangan dibeli. Lubang biasanya menunjukkan ada ulat di dalamnya.
  • Jika papan petai terlihat menghitam, itu berarti kulitnya telah mengering. Sebaiknya jangan dipilih.
  • Bila petai yang dibeli bersisa dan akan diolah lagi di lain waktu, jangan simpan di udara terbuka karena akan cepat kering. Agar awet, kupas petai sampai bersih. Lalu dalam keadaan kering, masukkan ke dalam kulkas dalam wadah tertutup.
  • Jika petai yang dibeli atau bersisa penuh dengan kotoran, maka buanglah kotorang dengan cara mencuci sampai bersih. Atau petai dapat dibelah menjadi dua, lalu direndam air hangat sebentar. Setelah itu cuci sambil digosok-gosok. Kotoran yang menempel akan terlepas dan petai siap diolah.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Terbukti!.. Petai Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Kecerdasan Otak Rating: 5 Reviewed By: Ady Irawady