728x90 AdSpace

Headline

Perbedaan 32 bit dan 64 bit Windows


Perbedaan 32 bit dan 64 bit itu apa?
Itulah pertanyaan yang sering kita dengar dari beberapa orang yang masih baru dengar istilah 64 bit dan 32 bit. Pada dunia komputer terdapat istilah-istilah yang terkadang tidak kita ketahui maksudnya, salah satu contohnya yaitu Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 Bit dan 64 Bit.
Untuk istilah windows 32 bit atau 64 bit itu bisa kita ketahui pada semua jenis windows, yaitu : windows xp, windows 7, maupun windows 8. Untuk itu apabila anda belum mengetahuinya, disini saya akan menjelaskan perbedaan diantara keduanya.
Adapun informasi mengenai cara membedakannya ini saya simpulkan dari berbagai media informasi dan saya simpulkan agar lebih mudah difahami.
Biasanya untuk sebagian orang yang masih awam pasti mengira-ngira diantara win 32 bit dan 64 bit pasti ada yang lebih bagus untuk dibuat main game. Makanya tidak salah terkadang saya cari-cari di internet tentang perbedaan windows 7 32 bit dan 64 bit untuk game.
Untuk itu lebih detailnya tentang cara membedakan windowsnya bisa baca dibawah ini.

Perlu anda ketahui bahwa istilah 32 bit dan 64 bit itu mengacu pada cara komputer (prosesor) menangani informasi dan umumnya di Indonesia kebanyakan Processor mengacu pada 32 bit, jadi kalau anda ingin mengubah OS terlebih dahulu teliti processor anda. Untuk windows 64 bit ketika menangani sejumlah besar RAM lebih efektif dari pada sistem windows 32 bit. Pada dasarnya, OS (Sistem Operasi) 64 bit itu jauh lebih unggul apabila dibandingkan dengan OS 32 bit. Jadi dapat disimpulkan secara sederhana bahwa perbedaanya bisa diketahui pada jumlah informasi yang bisa/mampu di tangani oleh prosesor pada saat tertentu.
Apa sih bit itu?
Apabila anda belum tahu apa yang dimaksud dengan "bit" yaitu mengacu pada cara komputer kita menangani informasi pada kode binary, yang mana seluruh data dikenali sebagai serangkai digit angka yang terdiri dari 0 atau 1. Masing-masing digit dihitung sebagai 1 bit, yang artinya adalah prosesor 32 bit bisa memproses 32 digit sekaligus, dan begitupun yang 64 bit.
Dalam menginstall 0S versi 64 bit, anda diharuskan mempunyai CPU yang mampu menjalankan Windows versi 64 bit.
Manfaat menggunakan OS 64 bit yang paling jelas yaitu ketika anda mempunyai RAM dalam jumlah besar yang terpasang pada komputer anda (biasanya 4GB atau lebih), karena sistem operasi memakai 64 bit sehingga bisa memanfaatkan sejumlah besar memory yang lebih efisien dari pada OS 32 bit. OS 64 bit bisa lebih responsif ketika anda menjalankan beberapa program pada saat waktu yang sama ketika kita sering berpindah-pindah antar program.

Ada beberapa batasan matematis yang signifikan terhadap 2 jenis processor. Processor 64 bit mampu bekerja dengan kapasitas memori hingga 17 juta Giga Byte, serta mampu menangani tugas hingga dua kali lipat. Sedangkan processor 32 bit hanya mampu bekerja dengan kapasitas memory maksimal mencapai 4GB dan ini terkadang di batasi 2GB untuk setiap satu DIMM memori.
Sebelumnya pada pemikiran seseorang itu mustahil apabila setiap program memerlukan lebih dari 2GB memori. Namun pada kenyataannya di tahun atau zaman serba canggih ini seperti halnya beberapa video game kini telah melebihi dari batas tersebut. Alasan tersebut yang membuat processor 64 bit menjadi sangat populer. Windows edisi 64 bit bisa menjalankan sebagian besar software yang di rancang untuk versi 32 bit melalui modus kompatibitas khusus. Namun untuk hasilnya sangat bervariasi. Pada beberapa kejadian apabila menggunakan OS 64 bit terkadang juga dapat menimbukan sedikit masalah pada driver, yang merupakan sebagian kecil software untuk mengkoordinasi detiap hardware dengan Operating System / OS (sistem operasi).

Kesimpulannya: apabila anda hanya mempunyai RAM 4 GB atau kurang dari 4 GB sebaiknya menggunakan OS 32 bit saja, meskipun hanya 4 GB tetap enteng dibuat menjalankan aplikasi dengan ukuran yang lumayan besar kok, misalnya game-game ukuran besar seperti PES yang terbaru. Terutama bagi anda yang menggunakan notebook yang rata-rata hanya mempunyai 2 slot memory yang 1 slot hanya terdiri maksimal 2 GB saja. Untuk driver biasanya hanya disediakan driver 32 bit saja dari perusahaan notebook tersebut.

Apabila komputer atau laptop anda mempunyai spesifikasi RAM diatas 4 GB, silahkan gunakan OS 64 Bit, dengan catatan anda tidak bisa menggunakan beberapa hardware lama yang drivernya tidak tersedia oleh produsennya. Dan sistem operasi 64 bit sangat berguna untuk mejalankan aplikasi / software ukurang besar (untuk bekerja berat), seperti hanya untuk merender 3Ds Max dan lainnya, intinya yang berat-berat sangat cocok menggunakan 64 bit.

Jika anda tertarik dengan artikel ini, berikan Like website ini ya?

 

 

Demikian artikel tentang perbedaan windows 7 32 bit dan 64 bit yang bisa saya tuliskan untuk anda. Informasi perbedaan windows 7 ultimate 32 bit dengan 64 bit ini kami peroleh dari berbagai media.

Semoga artikel Perbedaan 32 bit dan 64 bit pada Windows diatas bermanfaat untuk anda semua yang masih awam denga istilah 32 bit atau 64 bit.

Cara Memeriksa Processor x86 (32-bit) atau x64 (64-bit)

Puisi



 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Perbedaan 32 bit dan 64 bit Windows Rating: 5 Reviewed By: Unknown