728x90 AdSpace

Headline

Manfaat Daun Pepaya, Akar dan Biji Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya adalah tanaman rumahan yang biasa ditanam dipinggir rumah atau dihalaman rumah. Pepaya dikonsumsi banyak orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan ketika dimakan. Selain buahnya, pepaya juga dimakan bunganya dan daun pepaya yang masih muda sebagai teman nasi dan sebagai lalap serta sambal. 

Manfaat pepaya tidak hanya terkhusus pada buah, daun dan bunga saja sebagai makanan tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisonal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hampir semua bagian dari tanaman dengan nama latin Carica papaya L ini bisa dimanfaatkan, mulai dari getah, batang, daun, biji, akar dan kulitnya. Perlu diketahui bahwa dalam pepaya mengandung banyak enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu juga mengandung anti septik yang bermanfaat untuk membunuh berbagai bakteri jahat yang hidup dalam usus. 


Beberapa senyawa yang terkadung dalam daun pepaya adalah Enzym papain, alkaloid karpaina, pseudo-karpaina, glikosid, karposid, sakarosa, dekstrosa, levulosa. Sementara dalam buah pepaya mengandung ß-karotene, pectin, d-galaktosa, 1-arabinosa, papain, papayotimin papain, fitokinase. Jadi tidak heran kalau daun pepaya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya

1. Bisa melunakkan Daging
Manfaat daun pepaya adalah bisa melunakkan daging. Caranya adalah dengan mencampurkan daun pepaya yang sudah dihancurkan kedalam daging yang telah di iris-iris tidak perlu banyak agar daging anda tidak pahit rasanya. Dengan menambahkan daun pepaya, maka daging menjadi empuk dan lunak ketika dimakan. Begitu halnya bagi anda yang ingin daging ayam merah menjadi lunak (karena kebiasaan daging ayam ini keras).

2. Daun Pepaya untuk menambah nafsu makan
Bagi anda yang tidak ada nafsu makan, anda bisa mencoba cara ampuh ini. Siapkan daun pepaya segar dan garam serta air hangat setengah cangkir. Blender dan saring airnya, kemudian diminum. Anda bisa juga memberikan ramuan ini pada anak-anak.

3. Daun pepaya mencegah kanker
Pepaya sebagaimana yang telah lazim diketahui bahwa mengandung getah berwarna putih (latex). Menurut sebuah studi yang di publikasi dalam Journal Society of Biology menyebutkan bahwa getah pepaya berpotensi dikembangkan sebagai obat anti-kanker. Dan getah pepaya ini ada dalam daun pepaya walaupun dimasak dengan cara apapun. 

4. Menghilangkan jerawat
Daun pepaya juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Caranya yaitu dengan menyiapkan daun pepaya sebanyak 3 lembar, lalu jemur diterik mentari, selanjutnya haluskan dan beri sedikit air (kira-kira 1 1/2 sendok makan) dan aduk agar seperti pasta atau masker. Selanjutnya lumuri pada wajah yang berjerawat, biarkan hingga kering dan bilas dengan air hangat dan di ikuti dengan air dingin.

5. Mengobati demam berdarah
Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya yaitu sebagai obat demam berdarah. Bagi penderita demam berdarah atau sedang dalam gejala demam sangat baik untuk diminumkan hasil blender daun pepaya. Daun pepaya bisa mengobati penyakit yang di akibatkan oleh nyamuk demam berdarah.

Cara membuat ramuan adalah:
Campurkan lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum, insya Allah sakit anda lekas sembuh 

Manfaat Biji buah Pepaya bagi Kesehatan

Tidak hanya daun pepaya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, melainkan biji pepaya juga mempunyai segudang manfaat dalam mengobati berbagai penyakit dan membunuh kuman penyebab penyakit. Di antara manfaat biji pepaya adalah sbb:

1. Sebagai anti bakteri
Menurut penelitian mengungkapkan bahwa biji pepaya mengandung berbagai anti bakteri yang bisa membunuh kuman E. coli, Salmonella, dan infeksi Staph

2. Menjaga kesehatan ginjal
Biji pepaya sebaiknya dimakan bersama dagingnya, karena manfaat dari biji pepaya justru sangat besar. Melalui penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak biji pepaya bisa menjaga kesehatan ginjal dan melindungi ginjal racun-racun diinduksi penyebab gagal ginjal.

3. Membasmi parasit dalam usus
Biji pepaya juga bermanfaat untuk menghilangkan parasit dalam usus. Ini dibuktikan dengan sebuah penelitian pada anak-anak nigeria. Dilakukan pada anak-anak Nigeria dengan parasit usus, 76,7% dari anak-anak bebas parasit setelah tujuh hari pengobatan dengan biji pepaya dibandingkan dengan hanya 16,7% dari anak-anak yang menerima plasebo.

4. Menetralisir racun hati
Penyakit hati yang sangat berbahaya bahkan mengancam jiwa bisa di jaga dengan mengkonsumsi biji pepaya. Biji pepaya ampuh dalam menetralisir racun hati. Dalam pengobatan di China dikatakan bahwa sesendok biji pepaya bisa mengatasi racun hati. Para dokter juga merekomendasikan biji pepaya pada penderita sirosis hati.

5. Mengobati cacingan
Manfaat biji pepaya bagi kesehatan juga bisa membasmi cacing dalam perut. Namun demikian, sangat tidak disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi biji pepaya karena dikhawatirkan keguguran.

Manfaat Akar Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

Selain manfaat dari daun pepaya dan manfaat dari biji pepaya bagi kesehatan, pepaya juga menyimpan banyak manfaat dari akarnya. Jangan menganggap enteng akar pepaya, banyak masalah kesehatan yang bisa di atasi dengan akarnya.

1. Mengobati ginjal
Banyak yang sudah tahu kalau manfaat akar pepaya adalah untuk mengobati ginjal. Ini berlaku bagi penderita ginjal atau untuk menghindari penyakit ginjal. Caranya yaitu dengan merebus 3 potong akar pepaya dengan 1 liter air dan berikan madu murni. Minum ketika dingin

2. Mengobati cacingan
Manfaat dari akar pepaya juga ada yang sama dengan manfaat biji pepaya. Akar pepaya diketahui ampuh dalam mengusir cacing perut, caranya yaitu dengan merebus 1 potong akar pepaya dan 1 siung bawang putih dengan air 100 ml. Minum airnya 2 kali sehari.

3. Mengobati saluran kencing
Akar pepaya juga bermanfaat untuk mengobati saluran kencing. Caranya ambil 3 potong akar pepaya, dan di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian saring. Minum ½ gelas cukup minum sehari sekali saja.

Manfaat Daun Pepaya untuk Melancarkan ASI

Salah satu manfaat daun pepaya yang jarang diketahui umum adalah melancarkan keluarnya ASI. Ini tentu sangagt bagus untuk ibu yang sedang menyusui dan sedikit air ASInya. Selain daun pepaya, melancarkan ASI juga memanfaatkan daun katuk. Baca Manfaat daun katuk untuk kesehatan.

Untuk Melancarkan ASI, ambil beberapa daun pepaya (3 lembar daun muda) dan remas, kemduian panaskan di atas perapian hingga layu. Dan selanjutnya letakkan daun pepaya tersebut di payudara, jangan meletakkan di area puting.

Sementara manfaat lain dari daun masih sangat banyak, misalnya melancarkan pencernaan, menyembuhkan demam berdarah, obat jerawat dan obat haidh. 

Manfaat daun pepaya untuk pencernaan didapat karena dalam daun pepaya mengandung karpain yang berguna untuk membunuh mikro organisme dan penyebab masalah dalam pencernaan. Jadi, bagi anda yang mempunyai hubungan masalah kesehatan dengan lambung atau pencernaan konsumsikan daun pepaya.

Demikian sekilas manfaat daun pepaya untuk berbagai penyakit. Manfaat yang kami titik beratkan disini adalah manfaat daun pepaya untuk melancarkan ASI ibu menyusui, semoga menjadi informasi bagi anda yang sedang menjaga buah hati anda.

Manfaat Daun Pepaya Menghilangkan Jerawat

Kenapa daun pepaya begitu bermanfaat di ranah herbal, ini karena daun pepaya mengandung zat alkaloid dan enzim papain dalam dalam jumlah yang banyak. Enzim papain ini adalah dalam getah pepaya yang berwarna putih kental. Enzim papain bersifat proteolitik jadi kegunaan enzim ini adalah untuk memecahkan protein sehingga mudah diserap tubuh. 

Semntara kandungan dalam daun pepaya yang sudah tua mengandung banyak Fenolik. Selain itu dalam pepaya terdapat 3 jenis enzim lain yaitu enzim khimoprotein yang berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dengan polipetida. Kemudian ada enzim lisozim yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Rasa pahit yang ada dalam pepaya di akibatkan karena kandungan senyawa alkaloid karpain yang dirumuskan (C14H25NO2). Zat ini bermanfaat untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah dan membunuh mikroba.

Jadi, dengan kandungan pepaya yang seperti itu, maka daun pepaya juga dikenal sebagai pnegobat jerawat diwajah. Manfaat daun pepaya untuk menghilangkan jerawat bisa didapatkan dengan membuat herbal daun pepaya. Caranya yaitu dengan menjemur beberapa lembar daun pepaya diterik mentari agar layu. Selanjutnya tumbuh daun pepaya yang sudah layu hingga halus dan masukkan 2 sdm air. Hasil ini lah yang ditempelkan pada jerawat untuk mematikan jerawat membandel. Diamkan masker daun pepaya ini hingga mengering diwajah dan bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan ramuan ini beberapa kali secara rutin. 

Itulah beberapa manfaat daun pepaya untuk menghilangkan jerawat diwajah atau di badan. Dan manfaat daun pepaya untuk kesehatan masih sangat banyak sekali, seperti untuk masalah pencernaan, demam berdarah, malaria, melancarkan ASI dll.
Jika anda tertarik dengan artikel ini, berikan Like website ini.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Manfaat Daun Pepaya, Akar dan Biji Pepaya untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Unknown