728x90 AdSpace

Headline

Pengertian Gejala Pusing

Semua orang pasti pernah mengalami gejala ini. Pusing juga memiliki penggambaran yang berbeda-beda pada tiap orang.


Gejala-gejala Pusing

Gejala pusing sangat beragam, tapi ada beberapa sensasi utama yang biasa dirasakan penderita, yaitu:
  • Sensasi seperti mau pingsan.
  • Sensasi limbung atau kehilangan keseimbangan.
  • Vertigo, yaitu sekeliling terasa berputar.

Penyebab Pusing

Karena gejalanya yang terkadang kurang jelas, penyebab pusing secara pasti juga sulit untuk diketahui. Tetapi ada beberapa faktor yang dapat menjadi pemicunya.

Sensasi seperti mau pingsan

Pusing bisa berarti Anda merasa seperti mau pingsan. Gejala ini bisa disebabkan oleh tekanan darah yang mendadak turun setelah duduk terlalu lama lalu tiba-tiba berdiriSelain itu, seseorang juga merasa seperti akan pingsan ketika pasokan darah ke otak tidak cukup misalnya akibat gagal jantung atau gangguan ritme detak jantung.
Sensasi limbung atau kehilangan keseimbangan
Salah satu sensasi yang dapat menggambarkan pusing adalah sensasi limbung atau kehilangan keseimbangan. Sensasi ini dapat disebabkan oleh penyakit otak seperti penyakit Parkinson atau tumor otak, gangguan sensori pada telapak kaki, dan penglihatan yang kurang jelas.

Vertigo

Gejala ini biasanya disebabkan oleh infeksi telinga bagian dalam, vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV), vestibular neuritismigrain, atau penyakit Meniere.
Selain penyebab-penyebab di atas, ada beberapa faktor lain yang dapat memicu pusing, di antaranya:
  • Stres atau kecemasan.
  • Dehidrasi atau kepanasan, misalnya saat berolahraga.
  • Kurangnya pasokan darah ke otak, misalnya akibat penyempitan pembuluh darah.
  • Kadar gula darah yang terlalu rendah yang biasa terjadi pada penderita diabetes atau akibat puasa.
  • Efek samping dari obat-obatan, misalnya obat penurun tekanan darah.
  • Konsumsi minuman keras yang berlebihan.

Langkah-langkah Untuk Mengatasi Pusing

Pusing yang tidak disertai gejala lain umumnya tidak membutuhkan penanganan medis. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasinya, yaitu:
  • Jangan berdiri secara tiba-tiba. Pusing sering muncul akibat anda berbaring atau duduk lalu berdiri secara tiba-tiba.
  • Batasi konsumsi kafein, minuman keras dan rokok. Unsur-unsur ini dapat memperparah gejala pusing.
  • Banyak minum. Ini dapat menyembuhkan sekaligus mencegah pusing akibat kepanasan dan dehidrasi.
  • Makan secara teratur. Banyak orang yang merasa pusing dan bahkan pingsan karena melewatkan makan pagi.
  • Segera duduk atau berbaring ketika merasa akan pingsan atau kehilangan keseimbangan.
Pusing memang sering sembuh dengan sendirinya, tapi terkadang juga dapat megindikasikan adanya penyakit yang lebih serius. Jika Anda menderita pusing yang parah, muncul tanpa sebab yang jelas, terjadi berulang kali, atau dengan durasi yang lama, periksakanlah diri Anda ke dokter. Jangan lupa untuk mendeskripsikan gejala pusing yang Anda rasakan sedetail mungkin pada dokter.

Pusing merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang-orang. Biasanya orang-orang yang mengalami pusing secara tiba-tiba merupakan orang-orang yang sibuk dengan kegiatannya sehari-hari.
Orang yang sibuk bekerja atau sibuk melakukan aktivitasnya merupakan orang yang rentan mengalami pusing secara tiba-tiba dan bisa membuat tubuh menjadi lemas seketika.

Pusing biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu gejala tekanan darah rendah, dehidrasi, migran, dan juga stres.

Nah, untuk menghilangkan penyakit pusing yang bisa mengganggu aktivitas seseorang ini bisa dilakukan dengan cara yang alami tanpa bahan kimia pengawet yang sudah jelas tidak enak.

Berikut ini ada 6 cara alami yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa pusing, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Menarik napas dalam
Cara yang pertama bisa dilakukan dengan cara duduk dan rileks lalu menarik nafas dalam-dalam hingga tubuh terasa nyaman dan pusingnya menjadi berkurang. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan dan menyebuhkan kepala yang pusing.

2. Minum air
Kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa berefek dari rasa pusing yang dirasakan. Minum air putih yang cukup bisa membuat tubuh menjadi seimbang dan pusing akan menjadi lebih berkurang.

3. Jahe
Minuman yang segar ini adalah minuman yang sangat banyak memiliki manfaatnya terutama untuk menghilangkan sakit kepala atau pusing. Jahe bisa membuat darah mengalir ke otak sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

4. Lemon
Lemon juga sangat baik untuk membantu menghilangkan pusing. Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk tubuh dan menghilangkan pusing di kepala.

5. Madu
Madu merupakan salah satu bahan makanan yang diketahui memang menyehatkan. Madu banyak digunakan sebagai salah satu bahan makanan kue, atau lainnya. Madu ini dapat meningkatkan energi dalam tubuh dan mencegah pusing di kepala.

6. Bawang putih
Bawang putih merupakan bumbu masakan yang memang diketahui banyak memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Nah, ternyata bawang putih juga bisa menghilangkan rasa pusing dengan cara menggeprak bawang putih kemudian menyimpannya dibawah lidah, beberapa saat kemudian pusing kamu akan semakin berkurang.

Nah, itulah dia ke enam makanan yang alami, yang bisa menghilangkan rasa pusing yang mengganggu aktivitas.

Jika anda tertarik dengan artikel ini, berikan Like website ini.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pengertian Gejala Pusing Rating: 5 Reviewed By: Unknown