728x90 AdSpace

Headline

Tempat Wisata di Sumedang

Sumedang merupakan kota kecil yang terletak di antara dua kota besar, yaitu Bandung dan Cirebon. Sumedang dikenal sebagai tempat persinggahan atau transit bagi mereka yang tengah melakukan perjalanan darat dari Bandung menuju Cirebon atau sebaliknya. Selain dikenal sebagai kota persinggahan, kota ini juga terkenal dengan makanannya yang khas yaitu tahu sumedang yang terkenal memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan makanan sejenis yang terdapat di kota-kota lain.
Belum banyak yang mengetahui bahwa di Sumedang sebenarnya terdapat tempat –tempat wisata yang indah, sehingga sangat di sayangkan jika sobat melewati kota ini tanpa mampir ke Tempat Wisata di Sumedang. Berikut beberapa Tempat Wisata di Sumedang yang bisa sobat kunjungi.

Kampung Toga – Tempat Wisata di Sumedang

Kampung Toga Sumedang
Kampung Toga adalah singkatan dari Kampung Tanaman Obat Keluarga. Nama ini berasal dari keadaan kawasan tersebut yang banyak di tumbuhi oleh tanaman yang mengandung khasiat obat. Tempat Wisata di Sumedang ini terletak di ketinggian 650 dpl, jarak dari pusat pemerintahan Kabupaten sumedang sekitar 2 km.
Disini sobat bisa menikmati suasana pedesaan dengan nuansa perbukitan yang asri. Dari atas bukit Kampung Toga sobat bisa melihat hamparan sawah, kebun, dan sungai yang merupakan panorama khas parahiyangan. Tempat wisata di Sumedang ini memiliki fasilitas yang lengkap, sesuai dengan mottonya yaitu “One Stop Adventure”. Di tempat ini sobat bisa melakukan kegiatan bersepeda gunung, paralayang atau gantole, outbond dengan fasilitas yang lengkap, Berenang di kolam renang, arung jeram, jogging, hiking, paint ball, dan memancing di danau buatan, sungguh merupakan fasilitas wisata yang lengkap. Jika sobat ingin menginap di Kampung Toga, disini pun tersedia villa dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Gunung Tampomas

Gunung Tampomas Tempat Wisata di Sumedang
Bagi sobat yang menyukai hiking maka Tempat Wisata di Sumedang yang satu ini merupakan tempatnya. Gunung yang berada di wilayah utara Kabupaten Sumedang ini merupakan kawasan hutan yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna, gunung ini memiliki ketinggian puncak 1684 mdpl. Menikmati keindahan Sumedang diatas puncak gunung tampomas merupakan sesuatu yang luar biasa, di gunung ini juga terdapat lubang – lubang kawah dan batu – batu besar berwarna hitam.
Ada beberapa jalur pendakian untuk bisa mencapai puncak gunung tampomas. Jalur yang sering digunakan untuk pendakian adalah jalur Narimbang, Cibeureum, dan Buahdua. Pada pos pendakian jalur Narimbang sobat bisa menikmati keindahan curug Ciputrawangi.

Wisata Alam Gunung Kunci

Gunung Kunci Tempat Wisata di Sumedang
Tempat Wisata di Sumedang gunung kunci merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah. Letak objek wisata ini sekitar 200 meter dari alun – alun Sumedang. Disini sobat juga bisa melihat gua peninggalan Belanda yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan atau perlindungan untuk mengepung warga sumedang.

Curug Sindulang


Tempat Wisata di Sumedang ini terletak di desa Sindulang, kecamatan Cimanggu, merupakan wilayah perbatasan Kabupaten Sumedang dan Bandung. Curug ini juga biasa disebut curug kembar karena terdapat 2 buah air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter. Di Curug Sindulang sobat akan melihat panorama alam yang indah, ketika perjalanan menuju lokasi pun sobat akan melihat panorama alam yang luar biasa.

Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian Air Panas Cileungsing
Pemandian Air  Panas Cileungsi merupakan tempat wisata di Sumedang yang bisa sobat jadikan tujuan wisata. Pemandian air panas Cileungsing ini lokasinya berada desa Cilangkap kecamatan Buahdua sekitar 15 km dari pusat kota Sumedang. Sumber air panas disini mengandung belerang yang tinggi, sehingga bisa dijadikan media pengobatan untuk penyakit tertentu.

Makam Cut Nyak Dien

Makam Cut Nyak Dhien Sumedang
Tempat Wisata di Sumedang yang satu ini, selain sobat berwisata juga sebagai bentuk mengenang perjuangan pahlawan didalam merebut kemerdekaan Indonesia. Dalam sejarah diceritakan bahwa Cut Nyak Dien diasingkan oleh kolonial Belanda
Selain memiliki tempat wisata yang menarik, Sumedang juga kaya akan budaya sehingga Sumedang bisa disebut sebagai kota yang kaya akan wisata alam dan budaya. Demikianlah ulasan tentang Tempat Wisata di Sumedang, semoga ulasan ini bisa menjadi bahan masukan bagi sobat untuk berwisata ke Sumedang…
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tempat Wisata di Sumedang Rating: 5 Reviewed By: Ady Irawady