728x90 AdSpace

Headline

13 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan


“Jeruk meningkatkan rasa emosi anda, mendorong perasaan sukacita, kesejahteraan, dan keceriaan secara umum.” – Tae Yun Kim
Siapa yang tidak menyukai jeruk? Mereka populer diantara para atlet karena mereka dapat dengan mudah dimakan untuk memperoleh ledakan energi. Makanlah satu atau dua buah jeruk setiap hari untuk menambah semangat hari-hari anda.
Berikut adalah 13 Manfaat Kesehatan dari Jeruk:
1. Membantu Mencegah Kanker
Jeruk kaya akan kandungan citrus limonoid, yang terbukti membantu memerangi sejumlah varietas kanker termasuk kulit, paru-paru, payudara, perut dan usus besar.
2. Mencegah Penyakit Ginjal
Minum jus jeruk secara teratur dapat mencegah penyakit ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal.
Catatan: minum jus dalam jumlah sedang. Kandungan gula yang tinggi dari jus jeruk dapat menyebabkan kerusakan gigi, sementara kandungan asam yang tinggi dapat mengikis enamel jika dikonsumsi berlebihan.
3. Mengurangi Risiko Kanker Hati
Menurut dua buah studi di Jepang, konsumsi jeruk mandarin akan mengurangi resiko terkena kanker hati. Hal ini mungkin disebabkan sebagian senyawa vitamin A yang dikenal sebagai karotenoid.
4. Menurunkan Kolesterol
Karena mereka penuh dengan serat larut, jeruk membantu dalam menurunkan kolesterol.
5. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jeruk penuh dengan kandungan kalium, yaitu mineral elektrolit yang bertanggung jawab untuk membantu fungsi jantung berjalan dengan baik. Ketika kadar kalium terlalu rendah, anda mendapatkan irama jantung yang abnormal, yang dikenal sebagai aritmia.
6. Menurunkan Risiko Penyakit
Jeruk penuh dengan vitamin C yang melindungi sel-sel dengan menetralisir radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.
7. Berperang Melawan Infeksi Viral
Studi menunjukkan bahwa polifenol yang berlimpah dalam jeruk melindungi terhadap infeksi virus.
8. Meredakan Sembelit
Jeruk penuh serat makanan yang merangsang cairan pencernaan dan mengurangi sembelit.
9. Membantu Menciptakan Penglihatan yang Baik
Jeruk kaya akan senyawa karotenoid yang dikonversi menjadi vitamin A, sehingga membantu mencegah degenerasi makula.
10. Mengatur Tekanan Darah Tinggi
Flavonoid hesperidin yang ditemukan dalam jeruk membantu mengatur tekanan darah tinggi dan magnesium dalam jeruk membantu menjaga tekanan darah.
11. Melindungi Kulit
Jeruk penuh dengan beta-karoten, yaitu antioksidan kuat yang melindungi sel-sel dari kerusakan, melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah tanda-tanda penuaan.
12. Jeruk Memberi Sifat Alkali pada Tubuh
Meskipun jeruk adalah asam sebelum anda mencernanya, namun mereka mengandung banyak mineral alkalin yang membantu untuk mengimbangi tubuh setelah mereka dicerna. Dalam hal ini, mereka mirip dengan lemon yang merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali.
13. Menyediakan Karbohidrat yang Sehat
Jeruk seperti semua buah-buahan memiliki gula sederhana di dalamnya, namun jeruk memiliki indeks glikemik sebesar 40. Apa pun di bawah 55 dianggap rendah. Ini berarti selama anda tidak memakan banyak jeruk pada satu waktu, mereka tidak akan meningkatkan gula darah anda dan menyebabkan masalah dengan insulin atau berat badan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 13 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Unknown