728x90 AdSpace

Headline

Membuat Opor Ayam Putih

Resep Membuat Opor Ayam Putih – Seringkali para ibu-ibu kebingungan ingin masak apa hari ini buat keluarga tercinta. karena sebuah hal yang lumrah terjadi jika memasak lauk dan jenis masakan yang itu-itu saja dapat menimbulkan rasa bosan. Namun, anda tak usah khawatir, karena anda bisa mencoba lauk berikut ini yang biasanya disajikan saat acara hari raya Idul Fitri, yaitu opor ayam putih.

Opor ayam putih adalah merupakan kari yang berwarna putih berbahan dasar ayam yang dipadukan dengan rempah-rempah serta santan yang enak dan gurih. Proses membuat opor ayam putih ini tergolong mudah serta bahannya mudah untuk dicari. Jika anda tertarik ingin tahu bagaimana Resep Membuat Opor Ayam Putih tersebut, berikut ini adalah resep membuatnya.
Bahan Membuat Opor Ayam Putih :
800 ml santan (dari 1 butir kelapa)
1 ekor ayam, dipotong 10 bagian
1/2 sendok makan garam
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, dimemarkan
2 1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak, untuk menumis
4 butir bawang merah, diiris halus, digoreng
Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1/4 sendok teh jinten
1/2 sendok makan ketumbar
Cara Membuat Opor Ayam Putih :
  • Langkah pertama, Panaskan minyak. Lalu anda tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukan ayam dan aduk hingga berubah warna. Setelah itu tambahkan daun salam beserta lengkuas. Lalu aduk rata.
  • Selanjutnya, tuang santan sambil anda aduk perlahan. Lalu masak sambil anda aduk sesekali hingga mendidih. Kemudian tambahkan garam beserta gula pasir. Lalu aduk rata.
  • Terakhir, menjelang opor ayam diangkat, taburkan bawang merah goreng. Setelah itu opor ayam putih buatan anda siap untuk dihidangkan.
Nah, itulah ulasan singkat mengenai resep membuat opor ayam putih enak praktis yang dapat kami infokan kepada anda. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Membuat Opor Ayam Putih Rating: 5 Reviewed By: Unknown