728x90 AdSpace

Headline

16 Manfaat Cabe Rawit yang Mengagumkan

1. Anti-Iritasi
Cabe rawit memiliki kemampuan untuk meredakan tenggorokan kering, batuk, dan diare.


2. Anti Demam dan Flu
Serbuk cabe rawit membantu memecah dan mengeluarkan lendir. Setelah lendir dikeluarkan dari tubuh, biasanya diikuti dengan pemulihan dari flu.
3. Anti-Jamur
Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa serbuk cabe rawit dapat mencegah pembentukan fatogen jamur phomopsis dan collectotrichum.
4. Mencegah Sakit Kepala Migren
Hal ini mungkin berhubungan dengan kemampuan serbuk cabe rawit untuk menstimulasi respon rasa sakit pada bagian tubuh yang berbeda, sehingga menyebabkan otak mengalihkan perhatiaannya kepada lokasi baru yang terasa sakit tersebut. Seiring dengan munculnya reaksi rasa sakit ini, syaraf mengosongkan cairan P (bahan kimia rasa sakit), dan persepsi rasa sakit yang muncul akibat migren berkurang.
5. Mendukung Proses Detoksifikasi
Cabe rawit dikenal sebagai stimulan peredaran darah. Cabe rawit juga mampu meningkatkan denyut lymphatic dan ritme pencernaan. Dengan memanaskan tubuh, proses detoksifikasi alami tubuh dipersingkat. Cabe rawit juga menyebabkan tubuh berkeringat, yang merupakan salah satu proses penting dalam detoksifikasi. Jika digabung dengan lemon dan madu, teh cabe merupakan minuman pagi yang sangat baik untuk detoksifikasi tubuh secara menyeluruh.
6. Membantu Pencernaan
Cabe rawit dikenal mampu membantu pencernaan. Cabe rawit membantu menstimulasi sistem pencernaan, meningkatkan arus produksi enzim dan asam lambung. Hal ini membantu tubuh dalam proses metabolisasi makanan (dan racun). Serbuk cabe juga sangat membantu dalam mengeluarkan gas dalam tubuh. Serbuk cabe membantu menstimulasi gerakan peristaltic perut, sehingga membantu proses asimilasi dan eliminasi.
7. Anti Inflamasi
Manfaat anti inflamasi dari cabe rawit menjadikannya sebagai herbal yang baik untuk arthritis, diabetes, psoriasis, dan kerusakan syaraf yang berhubungan dengan herpes.
8. Membantu Produksi Air Liur
Cabe rawit memberikan stimulan dalam membantu produksi air liur, kunci penting dalam pencernaan yang baik dan menjaga kesehatan mulut yang optimal.
9. Bermanfaat bagi Pembekuan Darah
Serbuk cabe rawit juga membantu mengurangi atherosclerosis, mendukung aktivitas fibrinolytic, dan mencegah gejala-gejala yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah, yang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.
10. Meredakan Nyeri Sendi
Sangat kaya akan cairan yang disebut capsaicin, cabe rawit memberikan reaksi yang menyebabkan munculnya rasa sakit sementara pada kulit, yang mengirim pesan kimiawi dari kulit ke sendi, sehingga mampu meredakan nyeri pada sendi.
11. Anti Alergi
Cabe rawit memiliki kandungan anti inflamasi dan dapat membantu meringankan alergi.
12. Anti Bakteri
Cabe rawit merupakan bahan pengawet yang sangat baik dan telah digunakan secara tradisional untuk mencegah makanan dari kontaminasi bakteri.
13. Media Perantara Anti Kanker
Serbuk cabe rawit diduga dapat mencegah kanker paru-paru pada perokok. Hal ini mungkin berhubungan dengan kandungan tinggi capsaicin yang dimiliki oleh cabe rawit, zat yang diduga dapat membantu menghentikan pembentukan tumor akibat tembakau. Penelitian lain juga menunjukkan reaksi yang sama terhadap reaksi cabe rawit untuk mencegah kanker hati.
14. Membantu Menurunkan Berat Badan
Peneliti menemukan bahwa peserta yang mengkonsumsi cabe saat sarapan pagi memiliki nafsu yang berkurang, sehingga kalori yang mereka konsumsi pun berkurang. Cabe rawit juga mampu meningkatkan metabolisme, membantu tubuh dalam membakar lemak berlebihan.
15. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Cabe rawit membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Cabe rawit juga membuang LDL dan trigliserida dari dalam tubuh.
16. Obat untuk Sakit Gigi
Cabe rawit merupakan perantara yang baik dalam mengobati penyakit gigi dan gusi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 16 Manfaat Cabe Rawit yang Mengagumkan Rating: 5 Reviewed By: Unknown