728x90 AdSpace

Headline

Ternyata Kulit Pisang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga tidak kalah bermanfaat. Kulit pisang ternyata mengandung nutrisi berupa sukrosa, mineral, dan senyawa yang dapat mendukung pertumbuhan Acetobacter xylium yang merupakan mikroorganisme yang dapat menghasilkan nata. 

Ya, kulit pisang dapat menjadi nata de banana, tapi tidak perlu menunggu waktu fermentasi yang terlalu lama untuk memakan kulit pisang. Mengkonsumsi kulit pisang secara langsung, bersamaan dengan buahnya juga sudah dapat bermanfaat.

Penelitian di Inggris dan Italia juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi pisang 3 kali sehari dapat mencegah penyumbatan darah di otak sebanyak 21persen. Mulai sekarang kamu harus bersiap memakan kulit pisang juga untuk mendapat manfaat lebih lainnya. Apa saja manfaat pisang dan kulitnya? Simak yuk:

1. Mengandung trytophan. Bagi kalian yang memiliki gangguan tidur atau terserang insomnia, pisang dan kulitnya dapat membantumu karena dalam pisang terdapat senyawa trytophan yang dapat mengatasi insomnia. Trytophan adalah asam amino yang merangsang pertumbuhan serotin pada otak yang berfungsi menciptakan perasaan tenang, rileks, dan mengantuk.

2. Mengandung lutien. Lutien pada pisang memiliki kadar yang tinggi, lutien merupakan senyawa yang bermanfaat untuk melindungi mata dari stres oksidatif serta paparan sinar matahari, dengan lutien seseorang dapat melihat dengan baik di malam hari serta mencegah terjadinya katarak.

3. Kulit pisang dapat menurunkan kolesterol. Kulit pisang memiliki serat yang kuat daripada buahnya hal ini membuat kulit pisang mengandung pektin yang dapat melarutkan kolesterol, dan dapat mendetoksasi bakteri dalam usus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Untuk mencegah kram otot. Banyak atlit mengkonsumsi pisang sebelum berlatih karena pisang mengandung potasium dan elektrolit yang bermanfaat bagi kerja otot dan metabolisme karbohidtrat ke seluruh tubuh sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah kram otot.

5. Mengkonsumsi 2 buah pisang, dapat memberi energi untuk berolahraga selama 90 menit. Jadi, jangan heran bila kera sangat lincah meloncat loncat setiap hari.

6. Peneliti mengungkapkan perempuan hamil yang rutin mengkonsumsi buah pisang, memiliki kesempatan 56% melahirkan anak laki-laki. Kandungan 422mg kalium dalam pisang memenuhi 13% kebutuhan tubuh. Kandungan mineral ini mempengaruhi cairan rahim menjadi basa sehingga merangsang perkembangan kromosom Y pada calon janin.

7. Baik untuk diet. Pisang tidak mengandung lemak dan garam, sehingga dapat membantu program diet seseorang karena mengandung beragam vitamin, potasium, magnesium, dan banyak lagi.

(Sumber: CNNIndonesia.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ternyata Kulit Pisang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Ady Irawady